Kamis, 29 Desember 2016

Manfaat dan Fungsi Internal Link Untuk Blog

Kegunaan dan fungsi internal link sangatlah penting untuk suatu blog, dasar dan cara untuk membuat internal link sangat mudah dan gampang sekali.

Manfaat Internal Link

Untuk mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization) tidaklah mudah dan sangan memerlukan kesabaran extra karena tinggak kesabaran harus benar-benar dalam keadaan siap. jangan sekali-kali kalian ingin belajar SEO kalau cuma modal nekat saja karena kalau kalain hanya bermodalkan nekat kalian akan menghabisakan waktu untuk belajar percuma dan hasilnya pasti tidak sesempurna orang yang memiliki kesabaran dan sudah benar-benar siap.

Fungsi SEO untuk blog sangatlah penting untuk dapat menduduki posisi di hasil pencarian google. Bayangkan jika posisi blog anda berada di halaman 1 pencarian google, pasti blog kalian akan ramai dan tentunya artikel-artikel yang lain juga bisa mengkikuti posisi pencarian di google.

Selain judul dan penempatan kata kunci, hal yang paling sering dilakuakan oleh blogger profesional adalah membangun internal link.

Pengertian Internal Link

Intenal link adalah sebutan dari sebuah link yang menuju ke artikel atau halaman blog kalian. link tersebut bisa dari dalam blog kalian sendiri atau bisa juga dari luar yang menuju blog kalian. 

Dalam sebuah artikel atau postingan kita bisa memberikan link yang mengarah ke halaman artikel lain namun harus ada hubungannya dengan artikel tempat link tersebut berada agar pembaca bisa langsung menuju artikel yang ditanamkan internal link. kalau tidak berhubungan dengan artikel yang kalian tanamkan internal link mungkin pembaca tidak akan mengeklik link tersebut karena pembaca akan berfikir dua kali untuk mengeklik link tersebut. namun jika internal link tersebut berhubungan dengan cepat pembaca akan langsung mengeklik link tersebut dan dalam waktu yang singkat blog kalian akan kebanjiran pengunjung.

Taukah kalian bagaimana cara mesin pencari google dapat menilai kualitas dari blog kalian secara keseluruhan? salah satu caranya ialah dengan Bounce Rate.

Penjelasan Mengenai Bounce Rate.

Pengertian Mengenai Bounce Rate

Bounce rate bisa diartikan sebagai acuan berapa lama pengunjung blog kalian membaca satu artikel, jika waktu yang dibutuhkan pengunjug sedikit berarti bounce rate blog kalian akan semakin banyak tinggi yang artinya blog kalian tidak berkualitas di mata mesin pencari.

Jika kalian kurang mengerti dengan penjelasan saya diatas, saya coba akan mencontohkan penjelasan di atas agar kalian bisa memahami lebih dalam apa itu Bounce Rate.

Jika pengunjung kalian membaca artikel A selama 3 menit dan berpindah lagi ke artikel B dan membaca artikel tersebut selama 5 menit karena dalam artikel A berhubungan dengan artikel B maka Bounce Rate akan semakin sedikit dan itu menandakan bahwa artikel A dan B berkualitas untuk pengunjung.

Dari sinilah mesin pencari menilai kualitas suatu blog/webiste tersebut berkualitas atau tidaknya. Jadi jika kalian baru mau bergabung dengan dunia blogger sebaiknya anda berfikir untuk menentukan tema blog yang kalian akan kerjakan, dan jangan sekali-kali kalian membuat artikel yang asal kalian tulis karena hal tersebut tidak akan bermanfaat untuk blog kalian menempati hasil pencarian google.
Pengunjug akan lebih mudah mencari sesuatu di blog kalian jika blog kalian diberikan internal link dengan begitu pengunjug tidak akan meningkalkan blog kalian dalam waktu yang singkat.

Contoh Cara Pembuatan internal link di blogspot

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat Internal Link

Manfaat dari internal link terkait dengan SEO seperti yang sudah kita bahas di atas selain dari Judul dan Penempatan kata kunci pada sebuah artikel, internal link juga memberikan visibilitas yang bagus pada blog kalian jika memberikan internal link dengan tepat.

Artinya berilah internal link pada artikel dengan sewajarnya jangan sekali-kali kalian memberikan internal link pada satu artikel secara berlebihan, hal tersebut akan mengakibatkan blog kalian akan dibuang jauh-jauh oleh mesin pencari bahkan tidak akan ditampilkan oleh mesin pencari hal ini bisanya disebut sandbox. untuk mengatasi sandbox kita akan bahas pada artikel selanjutnya ya karena disini kita akan fokus dulu pada internal link.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat internal link antara lain

  • Artikel yang diberikan internal link haruslah artiekl yang terkait atau berhubungan dengan yang dibahas. artinya sudah kita bahas tadi di atas. hal tersebut dapat meningkatkan kekuatan SERP (Search Engine Result Page) pada suatu blog.
  • Menggunakan Anchor Teks yang relavan sesuai dengan halaman yang dituju. hal ini akan memperbanyak variasi kata kunci pada blog kalian dan memperciepat blog kalian menempati posisi di hasil pencairan google.
  • Maksimal gunakan 3 internal link untuk satu artikel, hal ini juga sudah kita bahas di atas karena memberikan internal link secara berlebihan akan mengakibatkan blog kalian akan terseingkir jauh di hasil pencarian karena hal tersebut dianggap Spam oleh google.

Usahakan saat membuat internal link perhatikan juga anchor teksnya sebagai kata kunci untuk memudahkan robot google meng-crawl artikel kalian.

Semakian teratur penempatan internal link akan semakin cepat juga robot akan merayapi blog kalian. fungsi lain dari internal Link adalah meningkatkan page view pada suatu blog. 

Semakin Banyak Page view yang dimiliki oleh blog kalian akan semakin bagus pula penilian google terhadap blog kalian walaupun internal link disebut cara klaik untuk menempati posisi pencarian namun sampai sekarang cara ini sangat bermanfaat.